067506100_1434741880-Cabai-Naik-2

Harga Cabai Rawit Merah Berangsur Turun

Akhir-akhir ini pemerintah dan masyarakat ‎dipusingkan dengan tingginya harga cabai rawit merah di pasaran. Di beberapa daerah, harga cabai rawit merah hampir setara dengan harga daging sapi bahkan ada juga yang melebihi.

Namun dalam beberapa hari terakhir, harga cabai rawit merah mulai melandai. Di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga cabai rawit merah mulai berangsur turun. Setidaknya per kilogram (kg) kini sudah dibandrol Rp 100 ribu per kg.

“Sudah mulai turun dibanding minggu lalu, ini sudah turun Rp 5 ribu sampai Rp 8 ribu per kilonya,” kata salah satu pedagang, Endang (46).

Turunnya harga cabai rawit merah tersebut, dikatakan Endang memang dari Pasar Induk Kramat Jati yang juga sudah mulai menurun. Untuk itu, diharapkannya, tren tersebut terus berlanjut.

Meski demikian, harga cabai rawit merah ini hanya satu-satunya bahan pangan yang mengalami penurunan. Beberapa bahan pangan lainnya justru menunjukkan kenaikan dan ada yang harganya tetap.

“Ini yang naik justru malah bawang putih, ada kenaikan Rp 2 ribu per kilonya,” ujar pedagang lainnya, Hartini (51).

Harga bawang putih di pasar dibadrol seharga Rp 40 ribu per kg. Sedangkan untuk bawang merah harganya tetap yaitu Rp 36 ribu per kg.

Kenaikan juga terjadi di harga cabai merah keriting sebesar Rp 1 ribu per kg menjadi Rp 52 ribu per kg.‎ Dan cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp 86 ribu menjadi Rp 88 ribu per kg. Sedangkan untuk harga cabai merah besar tetap di Rp 40 ribu per kg.

Sementara untuk sembako, sebagian besar harga tidak mengalami perubahan, seperti telur ayam dihargai Rp 23 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per, tepung terigu Rp 8 ribu per kg, beras IR 64 Ramos Rp 10 ribu per kg, beras premium Rp 12 ribu per kg, dan minya goreng curah Rp 13 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga ayam potong per ekornya dibandrol Rp 30 ribu dan daging sapi masih bertengger di Rp 120 ribu per kg. (Yas/Gdn)‎

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *