pdn 1

Rendahnya Pasokan Mendongkrak Harga Tomat Melambung

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara melakukan pemantauan dan pengawasan di Pasar Bersehati Manado, Rabu (5/7). Disamping dilakukan secara rutin kami juga melakukan pengecekan di tingkat pemasok, tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan harga, distribusi barang serta stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dari hasil pemantauan diperoleh beberapa informasi terkait harga tomat yang mengalami peningkatan signifikan dengan harga di tingkat eceran Rp.30.000 – 35.000/kg. Ini merupakan harga tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi, tidak ada pasokan dari luar daerah seperti dari Sulawesi Tengah karena harga di daerah tersebut juga cukup tinggi sehingga kurangnya pasokan tomat dan berdampak pada kenaikan harga di pasaran.

Bawang putih didatangkan dari Surabaya dengan harga Rp.24.000 – 26.000/kg di tingkat pemasok sedangkan di tingkat eceran dijual Rp.38.000 – 40.000/kg. Margin tersebut termasuk biaya tenaga kerja untuk membersihkan tangkai dan kulit bagian luar. Bawang merah di Sulawesi Utara biasanya disupply dari Enrekang, Bima dan Brebes, sementara untuk yang dipasarkan saat ini berasal dari Bima dengan harga di tingkat pemasok Rp.27.000 – 37.000/kg. Di tingkat pedagang eceran Rp.38.000 – 42.000/kg. Cabe merah disupply dari beberapa daerah seperti Gorontalo, Makassar, Surabaya dan lokal dengan harga Rp. 38.000 – 56.000/kg di tingkat pemasok dan Rp.50.000 – 70.000/kg pada tingkat eceran. Perbedaan harga ini sesuai dengan kualitas barang.

Kami akan melakukan pengawasan terus agar pasokan dan harga barang pokok dapat terkendali, oleh Marten Sirappa, SE, Kasi. Bina Pasar dan Distribusi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *