20170712_094909

Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Provinsi Sulawesi Utara

LATAR BELAKANG

DEKRANASDA Sulawesi Utara telah berupaya meningkatkan peranannya dalam menjalankan misi mengembangkan industri kecil kerajinan di Sulawesi Utara agar supaya dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku IKM kerajinan. Dalam upaya meningkatkan mutu dan desain kerajinan Sulawesi Utara sangat diperlukan langkah kebersamaan serta partisipasi aktif instansi lembaga terkait dan stakeholder lainnya. Demi kesinambungan program kegiatan DEKRANASDA baik di Provinsi dan Kabupaten/Kota, perlu adanya suatu keterpaduan program dengan memperhatikan situasi dan kondisi masing-masing daerah.

Guna mengoptimalkan potensi masing-masing Kabupaten/Kota dalam rangka meningkatkan kualitas barang-barang hasil kerajinan, perlu adanya informasi secara berkala dari DEKRANASDA Kabupaten/Kota tentang perkembangan IKM kerajinan masing-masing daerah, sehingga DEKRANASDA secara aktif perlu melakukan koordinasi dengan instansi terkait baik yang ada di Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam usaha pengembangan IKM kerajinan dimaksud.

Setiap tahun pengurus Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara menyusun rencana kerja dan pelaksanaanya melalui tiap kelompok kerja dan usulan Dekranasda Kabupaten/Kota.

Kerajinan sebagai suatu perpaduan antara ketrampilan untuk menciptakan suatu karya dengan nilai keindahan, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu kebudayaan, serta mampu menjadi sumber pendapatan masyarakat. Namun tumbuhnya industri dan seni kerajinan tergantung dari beberapa faktor.

Diantara faktor-faktor yang berpengaruh adanya transformasi yang disebabkan oleh teknologi yang semakin modern, minat dan penghargaan masyarakat terhadap barang kerajinan dan kemampuan para perajin itu sendiri, baik dalam menjaga mutu dan kreativitas maupun dalam peyediaan produk kerajinan secara berkelanjutan.

Dengan disadarinya peranan dan arti penting dari keberadaan “industri” kerajinan sebagai suatu wahana yang mampu menciptakan pemerataan pendapatan, penumbuhan usaha baru serta upaya pelestariaan hasil budaya bangsa, maka celah-celah keberadaannya mulai tersimak dan menggungah tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai kalangan utamanya mereka yang erat kaitannya dengan seni kerajinan itu sendiri, seperti para pencipta/peminat barang-barang seni dan kerajinan, tokoh masyarakat dan para seniman serta para ahli yang menggeluti bidang seni serta kerajinan.

Dilandasi kesadaran akan kelangsungan hidup dari kerajinan yang menopang kehidupan berjuta-juta keluarga yang dihadapkan pada kemajuan teknologi industri disatu sisi dan pelestarian nilai budaya bangsa yang harus tercemin dalam produk kerajinan, maka dipandang perlu adanya wadah partisipasi masyarakat bertaraf nasional yang berfungsi membantu juga sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan kerajinan.

Kerajinan khas daerah dihasilkan oleh para pengrajin industri kecil yang barang kerajinannya menggunakan proses tradisional ataupun gabungan anatara proses modern dan tradisional, yang mempunyai keunggulan komparatif oleh karena seni karya yang spesifik.

Upaya meningkatkan efisensi, produktivitas, dan efektivitas perlu terus ditingkatkan untuk mampu bersaing ditingkat dalam daerah maupun diluar daerah.

Asas, Tujuan, Fungsi dan Keanggotaan serta Hak dan Kewajiban Anggota

  1. Dekranas berasaskan Pancasila dan UUD Tahun 1945
  2. Dekranas Bertujuan untuk :
  • Menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru.
  • Menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia.
  • Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dan peminat dengan mendorong semangat kewirausahaan mereka.
  • Memberikan masukan kepada Pemerintah dalam perumusan kebijakan dan program dalam rangka pembinaan dan pengembangan industri kerajinan.
  • Meningkatkan kualitas dan kreativitas perajin dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan industri kerajinan.
  • Mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pangsa pasar di dalam dan luar negeri.
  1. Dekranas berfungsi sebagai wadah bagi :
  • Pembinaan seni kerajinan sebagai warisan budaya bangsa dengan nilai cita rasa dan perwujudkan keanekaragaman entrik yang ada di Tanah air serta memberikan kesempatan berusaha dan sumber pendapatan bagi masyarakat.
  • Pembinaan dan pengembangan anggotanya dalam usaha mewujudkan tujuan organisasi.
  • Peningkatan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional dan daerah serta peningkatan eksport produk kerajinan.
  • Penyaluran aspirasi anggota dan sebagai sarana kominikasi timbal balik antara anggota dengan pemerintah dan lembaga tinggi negara lainnya.
  • Sarana untuk menghimpun potensi dari para pemangku kepentingan, bagi pengembangan produk kerajinan sebagai bagian dari seni dan budaya.
  1. Keanggotaan

Anggota DEKRANAS terdiri dari DEKRANASDA Provinsi, Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia, perorangan dan/atau organisasi yang mempunyai minat dan/atau kegiatan dibidang seni kerajinan.

2. Hak dan kewajiban anggota

Hak anggota :

  • Mengemukakan pendapat secara lisan dan tulisan.
  • Mendapatkan informasi, advokasi dan konsultasi di bidang pengembangan seni kerajinan.

Kewajiban anggota :

  • Memelihara nama baik organisasi
  • Menaati AD dan ART
  • Menaati kebijakan dan program
  • Menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan organisasi
  • Mengupayakan, memelihara dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan sesama anggota dan pihak lain yang terkait dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi.

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus DEKRANAS Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota

  1. Pengurus DEKRANAS
  • Pengurus DEKRANAS ditetapkan dengan keputusan bersama menteri terkait, yang terdiri atas menteri perindustrian, menteri perdagangan, menteri dalam negeri, menteri pariwisata, menteri koperasi dan usaha kecil dan menegah dan menteri badan usaha milik negara.
  • Pengurus DEKRANAS dikukuhkan dalam MUNAS DEKRANAS
  • Pengurus DEKRANAS dilantik oleh Ketua Umum DEKRANAS
  • Pengurus DEKRANAS bertanggungjawab kepada Musyawarah Nasional DEKRANAS.

2. Pengurus DEKRANASDA Provinsi

  • Ketua dan pengurus DEKRANASDA Provinsi ditetapkan dengan keputusan ketua umum DEKRANAS.
  • Pengurus DEKRANASDA Provinsi dikukuhkan dalam MUSDA DEKRANASDA Provinsi yang bersangkutan.
  • Ketua umum DEKRANAS dapat mendelegasikan kepada ketua

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam Raker ini yaitu

  1. Agar peserta lebih memahami pengelolaan Dekranasda sesuai dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga (AD ART) DEKRANAS.
  2. Agar diperoleh pendalaman tentang pelaksanaan program kerja Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka melakukan pembinaan kepada pelaku usaha industri kerajinan
  3. Agar peserta Rapat Kerja Daerah dapat membagi informasi dan pengalaman untuk mengatasi masalah dan kesulitan dalam melaksanakan program kegiatan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.
  4. Rapat Kerja ini juga dapat merumuskan program kerja DEKRANASDA Provinsi Sulawesi Utara.

SASARAN

Sasaran yang ingin dicapai pada Rapat Kerja Daerah ini antara lain :

  1. Tercapainya kesepahaman tentang harmonisasi/sinkronisasi dan sinergi program/kegiatan Tahun 2018 dalam pembinaan dan pengembangan industri kerajinan di Sulawesi Utara
  2. Terwujudnya kesamaan pandang terhadap berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan industri kerajinan di Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara.
  3. Meningkatkan performance pelaku usaha industri kerajinan melalui pendekatan kompetensi produk se Sulawesi Utara.

WAKTU DAN TEMPAT

 Rapat Kerja Dekranasda Provinsi dilaksanakan pada tanggal 11 s/d 12 Juli 2017 bertempat di Hotel Aryaduta Manado.

PESERTA

 Peserta Rapat Kerja terdiri dari Pengurus Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara dan Pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota.

NARASUMBER

 Narasumber pada Rakerda ini yaitu Sekretaris Jenderal DEKRANAS Pusat dan pengurus DEKRANASDA Provinsi Sulawesi Utara serta pelaku IKM kerajinan yang telah berhasil.

PENDANAAN

Bersumber dari Dana APBD Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2017.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *