Kegiatan Bimbingan Teknis Pengolahan Ikan bagi Wirausaha Baru IKM

Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengolahan Ikan bagi Wirausaha Baru IKM di Kota Manado oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan pada tanggal 25-26 Maret 2019, bertempat di Hotel Aryaduta Manado, dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Ir. Jenny Karouw, M.Si dan Kepala Bidang Fasilitasi dan Pengembangan Industri Kecil Menengah Bpk. Alwy Pontoh, SE, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh 25 wirausaha baru IKM yang bergerak di bidang pengolahan ikan.

Pada Kegiatan ini mengangkat topik “Peningkatan Efektivitas dan Pengembangan bagi Industri Kecil Menengah Pengolahan Ikan” oleh Dr. Joshian Nicolas W. Schaduw, S.IK, M.Si sebagai pembawa materi, yang merupakan dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pengolahan ikan, yaitu pembuatan Nugget Ikan yang dibawakan oleh Ibu Sarce Kasim, dari UD. Sederhana Tiga, menarik perhatian para peserta kegiatan yang secara antusias menulis resep dan turut mengambil bagian dalam praktik pembuatan Nugget Ikan tersebut.
Pada hari Selasa, 26 Maret 2019, kegiatan dimulai dengan praktik pembuatan kerupuk ikan, dengan ibu Lisbet Tatuhas sebagai pembicara, yang merupakan owner Delima. Peserta kegiatan kembali bekerja sama memperhatikan dan membantu pembuatan kerupuk ikan tersebut, sehingga hasilnya pun dinikmati bersama-sama.
Menutup kegiatan Bimbingan Teknis ini, Kepala Bidang FPIKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Prov. Sulawesi Utara, Bpk. Alwy Pontoh, S.E., M.Si membawa materi bimbingan terakhir dengan mengangkat topik tentang “Kebijakan dan Strategi Pengembangan Wirausaha Baru IKM”, dengan harapan kegiatan ini akan membawa hasil yang baik untuk meningkatkan performa serta jumlah wirausaha baru dalam bidang pengolahan ikan, yang adalah salah satu sumber daya terbaik di Provinsi Sulawesi Utara.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *